Kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh

Yosua 1:7
Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi.

Ada 3 hal utama yang diperintahkan Tuhan kepada Yosua untuk memimpin bangsa Israel menggantikan Musa yaitu:

1. Menguatkan dan meneguhkan hati. Hal ini penting karena bangsa yang dipimpin Yosua adalah bangsa yang keras dan sering memberontak jika keinginannya tidak dipenuhi. Bahkan Yosua sendiri bersama Kaleb pernah hampir jadi korban mau dihabisi bangsa ini. Jadi perlu mental yang kuat untuk memimpin bani Israel.

2. Betindak hati-hati sesuai dengan aturan hukum yang telah diperintahkan Tuhan melalui Musa. Yosua sebagai pemimpin harus waspada dan menjaga dirinya, dan sebagai perpanjangan tangan Tuhan menjaga umat lsrael.

3. Jangan menyimpang, tetapi tetap lurus berjalan ke depan. Yosua jangan kompromi dengan melakukan kesalahan walaupun nampaknya kecil. Apa yang telah diperintahkan Tuhan harus dijaga dan dijalankan dengan utuh.

Perintah Tuhan terhadap Yosua adalah juga perlu kita perhatikan. Kita perlu memiliki hati yang kuat dan teguh menghadapi setiap situasi. Keteguhan hati diperoleh jika kita bersama Yesus, sebab pada dasarnya kitapun sering rapuh juga.

Kita perlu berjaga-jaga dan waspada bertindak. Kita harus sadari bahwa kita sedang berjuang hidup. Kita dalam suasana perang melawan musuh. Musuh kita bukan manusia. Musuh kita tidak kelihatan. Musuh nomor satu kita adalah iblis. lblis selalu saja ingin menjatuhkan dan menerkam kita. Jangan kalah, tetapi menanglah. Untuk itu kita harus waspada dan bertindak hati-hati.

Sesungguhnya murni hati kecil kita tidak ingin melakukan kesalahan. Namun sering kecenderungan sifat manusia lama kita adalah kompromi dengan apa yang Tuhan tidak suka, sehingga terjadi penyimpangan. Penyimpangan kecil sering merusak apa yang telah kita bina dan apa yang telah kita bangun. Penyimpangan kecil yang dibiarkan akan berakibat besar bahkan fatal.

Meski tampaknya ideal dan memang kita harus ideal, maka kiranya keteguhan hati, kewaspadaan dan tetap di jalan lurus menjadi 3 fundamen dasar yang kuat membentuk kita.
SEMOGA…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *