Menjadi duta-duta Kristus

Filemon 1:4-7
Aku mengucap syukur kepada Allahku, setiap kali aku mengingat engkau dalam doaku, karena aku mendengar tentang kasihmu kepada semua orang kudus dan tentang imanmu kepada Tuhan Yesus.
Dan aku berdoa, agar persekutuanmu di dalam iman turut mengerjakan pengetahuan akan yang baik di antara kita untuk Kristus.
Dari kasihmu sudah kuperoleh kegembiraan besar dan kekuatan, sebab hati orang-orang kudus telah kauhiburkan, saudaraku.

Paulus mengungkapkan rasa syukurnya dalam doanya karena orang yang dia layani… yang telah menjadi teman sekerjanya, Filemon, dan beberapa yang lain sungguh-sungguh kuat imannya di dalam Yesus. Mereka hidup saling mengasihi. Inilah buah pelayanan Paulus yang memang menjadi tujuan hidupnya.

Tentu banyak hal yang harus kita syukuri dalam hidup kita. Kita bersyukur karena sukses usaha, karena studi anak berhasil, karena kita sehat-sehat, karenaย  dipercaya jabatan baru, karena panen melimpah, karena ……, banyak karenanya…

Mampunya kita bersykurpun adalah salah satu alasan kita untuk bersyukur, sebab banyak orang tak mampu lagi bersyukur. Namun biarlah ucapan syukur kita terbit karena Tuhan memberi kesempatan bagi kita menjadi berkat… dapat menolong orang lain mengenal Tuhan… dapat menolong orang lain untuk teguh dalam imannya.

Harus kita akui bahwa kitapun sering gagal berbuat kasih, sulit bagi kita menyatakan kasih. Akan tetapi alangkah indahnya jika dalam keadaan sulit menyatakan kasih, kita masih terus saja berupaya belajar mengasihi dan lebih istimewa lagi jika melalui upaya-upaya kita untuk mengasihi, orang lainpun berbuat hal yang sama meneladani kita. Puji Tuhan.

Rasul Pauluspun juga pasti banyak bergumul mengasihi orang-orang sekitarnya, sering juga dia rasanya tidak bersabar terhadap orang-orang yang dibimbingnya lamban dalam jalan Tuhan.

Paulus mungkin dirasakan terlalu tegas oleh teman sekerjanya. Dia merasa risau terhadap orang-orang yang menolak Injil. Tetapi karena dia bertekun mengasihi, maka orang-orang yang melihatpun berubah dan hasilnya nyata. Sehingga Rasul Paulus mengatakan betapa dia bersyukur melihat tumbuhnya iman dan terasa adanya kasih yang hangat dari teman sekerjanya.

Mari kita terus menjadi duta-duta Kristus untuk membina dan menolong orang agar mereka percaya kepada Yesus. Setelah percaya dan menerima, mereka bertumbuh dan sehat imannya.ย  Mereka terus melangkah untuk berbuah dalam kasih. Biarlah orang-orang tetap bertambah teguh iman dan kasihnya, dan tetap berkomitman melakukannya sebagai pengaruh hidup kita.

Jika kita tetap berkomitmen dalam iman dan kasih, maka akan banyak orang-orang mengambil langkah yang sama. Kita akan melihat buah-buahnya dan kitapun kelak dimampukan untuk berkata seperti Paulus katakan, “Aku mengucap syukur kepada Allahku, setiap kali aku mengingat engkau dalam doaku, karena aku mendengar tentang kasihmu kepada semua orang kudus dan tentang imanmu kepada Tuhan Yesus.”
Terpujilah Tuhan…

Selamat belajar…
Selamat bekerja…
Selamat berkarya…
Selamat melayani…

 

๐ŸŽผ๐ŸŽถ๐ŸŽน๐ŸŽท๐ŸŽค
T’lah Kutemukan Dasar Kuat KJ38

Tโ€™lah kutemukan dasar kuat, tempat berpaut jangkarku.
Kekal, ya Bapa, Kau membuat PutraMu dasar yang teguh:
Biarpun dunia lenyap, pegangan hidupku tetap!

Itulah rahmat yang abadi, yang melampaui akalku:
Tuhan, Kaurangkul dalam kasih pedosa yang menjauhiMu!
HatiMu iba tergerak mencari aku yang sesat.
๐ŸŽน๐ŸŽถ๐ŸŽน๐ŸŽถ๐ŸŽน๐ŸŽถ๐ŸŽน

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *