Orang menjadi munafik karena kehilangan fokus

Lectionary 4.11.17
Matius 23:13, 15-17, 19, 23, 25-28 (TB) Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, karena kamu menutup pintu-pintu Kerajaan Sorga di depan orang. Sebab kamu sendiri tidak masuk dan kamu merintangi mereka yang berusaha untuk masuk.
Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu mengarungi lautan dan menjelajah daratan, untuk mentobatkan satu orang saja menjadi penganut agamamu dan sesudah ia bertobat, kamu menjadikan dia orang neraka, yang dua kali lebih jahat dari pada kamu sendiri.
Celakalah kamu, hai pemimpin-pemimpin buta, yang berkata: Bersumpah demi Bait Suci, sumpah itu tidak sah; tetapi bersumpah demi emas Bait Suci, sumpah itu mengikat.
Hai kamu orang-orang bodoh dan orang-orang buta, apakah yang lebih penting, emas atau Bait Suci yang menguduskan emas itu?
Hai kamu orang-orang buta, apakah yang lebih penting, persembahan atau mezbah yang menguduskan persembahan itu?
Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.
Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab cawan dan pinggan kamu bersihkan sebelah luarnya, tetapi sebelah dalamnya penuh rampasan dan kerakusan.
Hai orang Farisi yang buta, bersihkanlah dahulu sebelah dalam cawan itu, maka sebelah luarnya juga akan bersih.
Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu sama seperti kuburan yang dilabur putih, yang sebelah luarnya memang bersih tampaknya, tetapi yang sebelah dalamnya penuh tulang belulang dan *pelbagai jenis kotoran.
Demikian jugalah kamu, di sebelah luar kamu tampaknya benar di mata orang, tetapi di sebelah dalam kamu penuh kemunafikan dan kedurjanaan.
πŸ…° Tampaknya Tuhan Yesus kesal sekali dengan orang munafik dan buta rohani. Enam kali Yesus berkata “celakalah kamu….” Orang-orang seperti ini dianggap jadi batu sandungan dan penghalang orang lain masuk Kerajaan Allah.
πŸ…± Dalam perjalanan pulang dari kantor saya sering beli kacang rebus di jalan agar fokus saya tidak ke jalan yang macet. Sebelum mencapai gerobak penjual saya kasih kode pakai lampu, tapi sampai saya berhenti sesaat di depan gerobaknya, si penjual tetap tidak melihat saya yang mau beli kacangnya. Tidak mau membuat mobil di belakang saya menunggu akhirnya saya batal beli kacang rebus. Ini terjadi lebih dari sekali. Penjual kacang rebus kehilangan fokus kepada pembeli, ia lebih asyik dengan membolak-balik kacangnya agar tetap panas dan kadang2 celingukan ke arah mobil yang masih jauh, yang didepannya tidak ia lihat.

Orang menjadi buta alias tidak melihat karena kehilangan fokus,
fokus melihat Allah vs fokus kepada uang, hobby, pacar,dll.

Orang menjadi munafik karena kehilangan fokus,
fokus dilihat Allah vs fokus dilihat orang!. Apa kata orang, lebih penting dari apa kata Allah.

[05:42, 11/4/2017] Ramles Silalahi: 🎼🎢🎹🎷🎀
SEJAUH TIMUR DARI BARAT

Sejauh timur dari barat
Engkau membuang dosaku
Tiada Kau ingat lagi perlanggaranku
Jauh kedalam jubir laut
Kau melemparkan dosaku
Tiada Kau perhintungkan kesalahanku

Betapa besar kasih pengampunanmu Tuhan
Tak kau pandang hina hati yang hancur
Ku berterimakasih kepada-Mu ya Tuhan
Pengampunan yang Kau beri pulihkanku
🎹🎢🎷🎹🎢🎷🎹

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *