Segenggam ketenangan lebih baik daripada dua genggam upah jerih payah hasil kerja

Pengkhotbah 4:6
Segenggam ketenangan lebih baik dari pada dua genggam jerih payah dan usaha menjaring angin.

Ada dua hal utama yang dicari orang-orang yang bekerja keras bekerja. Hal pertama adalah hasilnya, dimana dengan bekerja keras mengharapkan hasil yang banyak. Hal kedua adalah karena senang bekerja. Bekerja merupakan hobby.

Mungkin ada hal lain yang mendorong orang bekerja keras, namun persoalannya adalah apakah ada ketenangan hati? Apakah ada damai di hati?

Pengkhotbah mengatakan, dan itu mungkin merupakan pengalamannya, yang menyebutkan bahwa pada akhirnya hati yang tenang… segenggam ketenangan lebih baik daripada dua genggam upah jerih payah hasil kerja. Segenggam tentu lebih sedikit dari dua genggam, namun yang segenggam itu adalah ketenangan dan kedamaian.

Tidak dimaksudkan bahwa kita tidak perlu bekerja, karena bekerja adalah aktifitas hidup dan kita disuruh untuk bekerja. Hanya saja kita diingatkan bahwa ketenangan hati lebih dan melebihi dari segala bentuk materi yang sedang kita cari-cari sebagai hasil kerja.

Persoalannya bagaimana beroleh hati yang tenang?
Banyak mungkin jawabannya yang kita ketahui. Akan tetapi ketenangan dan ketenteraman hati ada di dalam Tuhan… ada bersama Tuhan. Ketenangan ada di hadirat-Nya.

Mazmur 62:1
Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku.

Oleh sebab itu, di tengah-tengah semua bentuk kesibukan kita, jangan lupa membina hubungan pribadi yang intim dan akrab dengan Kristus.

Kurang-kurangpun kita rasakan harta kita tak apa-apalah… asal jangan mengurangi keakraban kita dengan Tuhan.

Di samping itu marilah juga kita memberi dan menyebarkan ketenangan hati kepada orang-orang sekitar kita… dan kepada siapapun. Mari berkontribusi membawa damai, sebab ternyata ketenangan adalah kebutuhan utama kita.

Selamat beraktifitas…
Selamat melayani…

Tuhan kiranya menguhkan kita.
Tuhan memberkati dan menyertai kita.
Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *